Jumat, 23 Agustus 2013

EMOSI

EMOSI
PENELITIAN EMOSI
A.Kasus
Ketika SMA saya memiliki teman, katakanlah namanya adalah Vina. Dia teman yang baik dan ramah, dia memiliki pacar yang  menurtku juga perhatian. Tapi sayangnya ia bermasalah dengan Andi – mantan pacarnya yang tidak terima diputuskan oleh Vina dan sekarang Vina berpacaran dengan yang lain.
Ketika Vina ulangtahun saya memberinya sebuah hadiah dan dia tampak  senang ketika itu. Disaat bersamaan  tiba-tiba Andi memberinya hadiah juga, diawal-awal ia takut untuk membukanya. Ia berpikir kado tersebut berisi sesuatu yang ‘tidak menyenangkan’.  
B.Teori yang dipakai
Teori yang dipakai dalam kasus tersebut merupakan teori Schachter, karena melibatkan Physiological arousal  dan Cognitive interpretation of the arousal.
Dalam hal ini proses  yang terjadi adalah informasi dari stimulus dibawa ke cerebral cortex, dimana akan diinterpretasi pada pengalaman masa kini dan lampau. Lalu pesan tersebut dikirim ke limbyc system dan sistem saraf otonom yang kemudian akan menghasilkan arousl secara fisiologis.
Pengalaman, Vina berbeda reaksi dalam menerima kado dari saya dan Andi. Merasa senang menerima kado dari saya karena saya teman baiknya  dan tidak berbahaya untukknya. Berbeda reaksinya dalam menerima kado dari Andi, Vina merasa tidak aman akan Andi yang selalu membuatnya ketakutan.
C.Pengertian emosi menurut penulis
            Emosi adalah suatu reaksi  akan keadaan yang sedang terjadi pada diri seseorang yang sebelumnya telah diinterpretasi di otak berdasarkan pengalaman masa lalu dan  masa kininya. Dalam hal ini emosi sangat dipengaruhi oleh lingkungan.

0 komentar: