Senin, 02 September 2013

CARA MEMBEDAKAN ANTARA SUKA (LIKING) DAN CINTA (LOVING)




            Beberapa orang sering menganggap istilah cinta dan suka merupakan hal yang sama, padahal hal tersebut memiliki berbedaan. Dan untuk membandingkannya, kamu bisa menggunakan skala menyukai dan skala mencintai yang dikembangkan oleh Rubin(1973).
            
             Berikut ini skala dan cara kerjanya :
1.      
11. Bayangkan teman kamu (A). Jawablah dan beri skala 1-10 terhadap  pertanyaan dibawah ini terhadap teman kamu
a.       Orang ini  (temanku) adalah salah satu yang paling saya sukai
b.      Saya rasa dapat mempercayai orang ini (temanku) untuk menceritakan apa saja
c.       Saya ingin sekali seperti dia (temanku)
d.      Saya akan memaafkan semua kesalahan dia (temanku)
e.       Saya yakin akan setiap penilainnya (temanku)
f.       Saya akan berbuat apa saja untuknya (temanku)

2. 2.  Selanjutnya ganti membayangkan pacar kamu (B). Jawablah dan beri skala 1-10 terhadap  pertanyaan dibawah ini terhadap pacar kamu
a.       Orang ini  (pacarku) adalah salah satu yang paling saya sukai
b.      Saya rasa dapat mempercayai orang ini (pacarku)  untuk menceritakan apa saja
c.       Saya ingin sekali seperti dia (pacarku)
d.      Saya akan memaafkan semua kesalahan dia (pacarku)
e.       Saya yakin akan setiap penilainnya (pacarku)
f.       Saya akan berbuat apa saja untuknya (pacarku)

3.   3.  – Untuk teman kamu (A), jumlahkan skala respon pada pertanyaan yang : a,c,e
 -          - Untuk pacar kamu (B), jumlahkan skala respon pada pertanyaan yang : b,d,f

4.            Mana hasilnya yang lebih besar? Yang A atau yang B? Jika hasil yang A melebihi hasil yang B, berarti kamu mencintai teman kamu tersebut. Jika tidak, berarti kamu hanya menyukainya.

Begitu cara membedakan antara cinta dan suka. Masih kurang jelas caranya? Silahkan komen…

Makasih.. dan semoga bermanfaat



CC :  tabel diterjemahkan oleh Brem dan Kassin (1986)
Share oleh cassie9095.blogspot.com
Sumber artikel : buku Pengantar Psikologi Sosial

0 komentar: