Kamis, 28 Agustus 2014

Contoh Soal IPS Kelas VIII dan analisis taksonomi bloom

Berikut adalah contoh soal mata pelajaran IPS kelas VIII



26. Hubungan sosial adalah hubungan timbal balik antara individu yang satu dengan indivu lain. Istilah lain dari hubungan sosial adalah…
a.       Interaksi Sosial                                              c. Kontak sosial
b.      Komunikasi                                                     d. Proses sosial
Analisis Aitem : merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal yang ditanyakan mengenai pengetahuan dasar yakni mengenai istilah lain dari hubungan sosial. Untuk bisa menjawabnya, siswa perlu menghafal istilah-istilah yang terkait dengan hubungan sosial. Pilihan jawaban merupakan istilah yang dimungkinkan masih memiliki kemiripan dengan istilah hubungan sosial yang berfungsi sebagai pengecoh.
27. Akomodasi adalah proses pemulihan hubungan baik antara dua pihak atau lebih yang pada mulanya mengalami suatu sengketa. Bentuk akomodasi dengan cara mengakui dan menghormati ragam pendapat disebut…
a.       Toleransi                                                          c. Kompromi
b.      Koersi                                                               d. Mediasi
Analisis Aitem : merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal yang ditanyakan mengenai pengetahuan tentang bentuk akomodasi. Untuk bisa menjawabnya  siswa perlu menghafal macam-macam akomodasi dan pengertiannya.  Dalam aitem ini , pilihan jawaban merupakan jenis-jenis akomodasi  yang diantaranya berfungsi sebagai pengecoh
28. Akomodasi dibagi dalam beberapa bentuk, antara lain : pemaksaan, kompromi, mediasi, arbitasi, konsiliasi, peradilan, toleransi dan stalemate.  Contoh berikut yang termasuk akomodasi yang bersifat mediasi adalah…
a.       Polisi yang sedang mengintrogasi
b.      Hakim ketua memutuskan hukuman bagi pelaku pencurian
c.       Ketua RT memberi solusi pada warga yang bersengketa
d.      Polisi Pamong Praja menertibkan PKL
Analisis : merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi  siswa tentang  penerapan mediasi dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan jawaban merupakan berbagai jenis aktifitas dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, namun belum tentu menerapkan konsep dari mediasi. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus memahami konsep mediasi, Sehingga mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.
29.  Faktor-faktor terjadinya hubungan sosial dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal terjadinya hubungan sosial adalah…
a.       Simpati                                                            c. Motivasi
b.      Ingin berkomunikasi                                     d. Imitasi
Analisis Aitem :  merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman siswa tentang faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi hubungan sosial   Pilihan jawaban terdiri dari 3 faktor eksternal dan 1 faktor internal hubungan sosial. Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, siswa membutuhkan pemahaman  mengenai faktor internal dan atau ekstrenal dari  hubungan sosial itu seperti apa sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan pada keempat pilihan jawaban yang telah disediakan .
30. Hubungan sosial dapat terjadi dari bentuk kerja sama (asosiatif) atau juga berbentuk saingan dan konflik (disosiatif). Salah satu bentuk dari hubungan sosial yang bersifat disosiatif adalah …
a.       Koalisi                                                             c. Pemaksaan
b.      Akomodasi                                                      d. Kontravensi
Analisis Aitem :  merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman siswa tentang  bentuk hubungan sosial yang bersifat diasiosiatif. Pilihan jawaban  terdiri dari 3 bentuk hubungan sosial yang bersifat asosiatif dan 1 yang bersifat disasosiatif. Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, siswa membutuhkan pemahaman  mengenai apa itu hubungan sosial asosiatif dan disosiatif kemudian menginterpretasi dan menyimpulkan dari keempat pilihan jawaban yang disediakan mana yang termasuk bentuk dari hubungan sosial yang bersifat disasosiatif.
31. Terdapat dua faktor yang berpengaruh dalam hubungan sosial, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Ketika kita mengetahui teman kita bersedih maka kita ikut bersedih, adalah contoh dari faktor eksternal hubungan sosial, yaitu …
a.       Empati                                                            c. Identitas     
b.      Sugesti                                                                        d. Simpati
Analisis : merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi  siswa tentang  penerapan dari salah satu faktor eksternal hubungan sosial dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan jawaban merupakan berbagai jenis-jenis faktor eksternal hubungan sosial yang salah satu diantaranya merupakan penerapannya dadalah contoh yang disebutkan di dalam soal. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa tahu apa saja faktor eksternal hubungan sosial dan memahami konsepnya masing-masing. Sehingga mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.

32.  Salah satu syarat terjadinya hubungan sosial adalah komunikasi. Komunikasi dapat menghasilkan kerja sama apabila…
a.      Timbul saling memahami maksud dan tujuan
b.      Tidak terjadi bentrok
c.       Menimbulkan hubungan harmonis
d.      Semua pihak sama-sama diuntungkan
Analisis : merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi  siswa tentang  komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan jawaban merupakan sesuatu yang bisa saja terjadi setelah adanya komunikasi diantara minimal dua orang. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus memahami konsep komunikasi. Sehingga mampu merefleksikan dan memiliki gambaran tentang komunikasi yang menghasilkan kerja sama itu seperti apa.

33. Gillin dan Gillin mengklasifikasikan pranata sosial atara lain : menurut perkembangannya, menurut sistem yang diterima oleh masyarakat, menurut penerimaan masyarakat, menurut faktor penyebarannya, dan yang terahir adalah menurut fungsinya. Tipe pranata sosial yang berdasarkan sistem nilai yang diterima oleh masyarakat terdiri atas…
a.       General institutions dan restricted institutions
b.      Cressive institutions dan enacted institutions
c.       General institutions dan basic institutions
d.      Basic institutions dan subordinary institutions
Analisis Aitem :  merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman siswa tentang  Tipe prananata sosial yang berdasarkan sistem nilai yang diterima oleh masyarakat.Pilihan jawaban merupakan tipe pranata sosial berdasarkan : menurut perkembangannya, menurut sistem yang diterima oleh masyarakat, menurut penerimaan masyarakat, menurut faktor penyebarannya, dan yang terahir adalah menurut fungsinya yang kesemuanya digabung secara acak . Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, siswa membutuhkan pemahaman  mengenai klasisfikasi pranata sosial menurut Gillin and Gillin kemudian menginterpretasi dan menyimpulkan mana dari keempat pilihan jawaban yang termasuk pranata sosial berdasarkan sistem nilai yang diterima oleh masyarakat.
34. “Pranata sosial adalah kumpulan norma sosial (struktut-struktur sosial) yang diciptakan untuk melaksanakan fungsi masyarakat”. Pendapat tersebut dikemukakan oleh …..
a.       Koentjaraningrat                                             `           c. Alvin L. Berrtrand
b.      Paul B. Horton                                                           d. Summer
Analisis Aitem : merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal yang ditanyakan mengenai siapakah tokoh yang mengemukakan pengertian dari pranata sosial yang disebutkan diatas. Untuk bisa menjawabnya, siswa perlu menghafal siapa saja tokoh yang mengemukakan pengertian dari pranata sosial dan bagimana pendapat mereka.  Dalam aitem ini, pilihan jawaban merupakan nama-nama tokoh yang mengemukan pengertian dari pranata sosial yang berfungsi sebagai pengecoh
35.  Menurut William Kornblum pendidikan sebagai pranata sangat penting untuk membentuk kepribadian seseorang. Fungsi dari pranata pendidikan adalah …
a.       Mengatur hubungan horisontal dengan manusia, hubungan dengan lingkungannya
b.      Menumbuhkan rasa percaya diri dalam mengarungi kehidupan
c.       Menciptakan manusia yang berilmu, berahlak mulia, memiliki keterampilan
d.      Berdiskusi untuk memecahkan soal mata pelajaran
Analisis Aitem :  merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman siswa tentang fungsi pranata pendidikan. Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, siswa membutuhkan pemahaman  mengenai pengertian dari pranata pendidikan sehingga bisa menginterpretasi dan menyimpukan apa fungsi dari prana ini. Pilihan jawaban yang ada merupakan salah fungsi dari pranata sosial yang lain
36. Di sekolah Andi terbiasa untuk membuang sampah di tempat sampah.  Apa yang dilakukan oleh Andi tersebut merupakan contoh dari peran pranata sosial, yaitu …..
a.      Pranata pendidikan
b.      Pranata Keluarga
c.       Pranata agama dalam mengatur hubungan manusia dengan sesamanya
d.      Pranata agama dalam mengatur hubungan manusia dengan nilai-nilai yang di anut
Analisis : merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi  siswa tentang  peran  pranata sosial dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan jawaban merupakan berbagai jenis pranata sosial, dimana salah satu diantaranya merupakan peran dari contoh kehidupan sehari-hari yang disebutkan dalam soal.  Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus memahami konsep pranata sosial serta macam-macamnya. Sehingga mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.
37. Keluarga merupakan kesatuan kelompok terkecil dalam masyarakat. Dan salah satu fungsi keluarga adalah afeksi, yaitu berhubungan dengan…
a.       Perlindungan                                                               c. Perasaan
b.      Kasih sayang                                                             d. Ekonomi
Analisis Aitem : merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal yang ditanyakan mengenai pengetahuan tentang salah satu fungsi dari keluarga . Untuk bisa menjawabnya, siswa perlu menghafal macam-macam fungsi keluarga dan penjelasannya.  Dalam aitem ini,  pilihan jawaban merupakan fungsi dari keluarga, namun belum tentu berkaitan dengam afeksi.
38. Agar para siswa memahami tentang bahaya narkoba sehingga mereka bisa menjauhi penggunakaan narkoba, maka perlu dilakukan tindakan sosial yang bersifat …..
a.       Preventif                                                                    c. Persuasif
b.      Represif                                                                       d. Paksaan
Analisis : merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi  siswa tentang  penerapan dari sifat-sifat tindakan sosial. Pilihan jawaban merupakan berbagai jenis sifat-sifat dari tindakan sosial, dimana salah satu penerapannya merupakan contoh kejadian dalam kehidupan sehari-sehari yang telah dijabarkan dalam soal. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus hafal dan memahami konsep dari sifat-sifat tindakan sosial, Sehingga mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.

39. Menurut UU No.13 Tahun 2013 pemerintah mempunyai kewenangan untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan yang dialami oleh negara kita. Oleh karena itu, pemerintah melakukan upaya untuk mengatasi permasalahan tenaga kerja.  Berikut ini adalah peran pemerintah dalam masalah tenaga kerja, kecuali
a.       Peningkatan mutu tenaga kerja
b.      Meningkatkan mobilitas tenaga kerja
c.       Mengurangi kesempatan kerja
d.      Melaksanakan program transmigrasi
Analisis Aitem :  merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman siswa tentang peran pemerintah dalam masalah tenaga kerja. Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, siswa membutuhkan pemahaman  mengenai masalah-masalah tenaga kerja sehingga dapat menginterpretasi dan menyimpulkan peran pemerintah dalam menangani masalah tenaga kerja .Pilihan jawaban yang ada merupakan peran-peran yang bisa dimungkinkan dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah tenaga kerja.
40. Penduduk laki-laki maupun perempuan yang berusia produktif dan sedang bekerja  atapun mencari pekerjaan disebut …..
a.       Labor Force                                                               c. Pelamar kerja
b.      Pencari kerja                                                                d. Working
Analisis Aitem : merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal yang ditanyakan mengenai pengetahuan tentang pengertian dari salah satu istilah dalam pilihan jawaban nomor ini. Untuk bisa menjawabnya, siswa perlu mengingat kembali pengertian dari masing-masing dari keempat pilihan jawaban .  Dalam aitem ini,  pilihan jawaban merupakan istilah yang masih bisa sangkut-pautkan dengan penjelasan yang ada dalam soal. Dan  berfungsi sebagai pengecoh
41. Angkatan kerja, pencarian pekerjaan dan tingkat pengangguran termasuk dalam kategori ketenagakerjaan. Berikut ini yang tidak termasuk dalam golongan angkatan kerja adalah, kecuali
a.       Orang yang mengurus rumah tangga
b.      Orang yang usianya 16 tahun sehat jasmani rohani
c.       Anak yang masih sekolah
d.      Orang cacat
Analisis : merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi  siswa tentang  penerapan golongan angkatan kerja. Pilihan jawaban merupakan kategori orang-orang yang termasuk golongan angkatan kerja, namun ada satu yang tidak termasuk. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus memahami konsep angkatan kerja. Sehingga bisa memiliki gambaran tentang siapa saja yang bisa dimasukkan dalam kategori angkatan kerja dan mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.

42. Masalah pengangguran berawal dari tingkat pertambahan penduduk yang pada ahirnya akan mempengaruhi jumlah penduduk, angkatan kerja dan tenang kerja. Jenis pengangguran sendiri dibagi menjadi dua, yaitu berdasarkan sebab terjadinya dan menurut aktifitas subjeknya. Para petani, pada saat musim tanam mempunyai pekerjaan tetapi pada musim kemarau menganggur. Merupakan contoh dari jenis pengangguran berdasarkan sebab terjadinya, yaitu …
a.       Struktural                                                                                c. Friksional
b.      Konjungtur                                                                  d. Musiman
Analisis : merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi  siswa tentang  penerapan jenis pengangguran dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan jawaban merupakan jenis-jenis pengangguran dimana salah satu diantara keempatnya contohnya menjadi pertanyaan di nomor ini . Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus  memahami konsep pengangguran dan jenis-jenisnya. Sehingga mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.

43. Pengangguran tidak saja menjadi masalah bagi pribadiyang bersangkutan, tetapi juga bagi masyarakat dan negara.  Banyaknya pengangguran dalam suatu negara, menyebabkan terjadinya hal-hal berikut, kecuali ….
a.       Pertumbuhan ekonomi terhambat
b.      Kemunduran mental
c.       Penghasilan pajak tetap stabil
d.      Standart kehidupan menurun
Analisis Aitem :  merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman mahasiswa tentang akibat adanya pengangguran disuatu negara. Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, mahasiswa membutuhkan pemahaman  mengenai makna dari pengguran lalu menginterpretasi sehingga bisa menyimpulkan dapak negatif negatif yang ditimbulaknnya .Pilihan jawaban yang ada merupakan hal-hal yang bisa dimungkinkan ditebak sebagai akibat adanya pengangguran.
44.Orang yang bekerja untuk mendapatkan penghasilan atau keuntungan minimal satu jam  dalam seminggu sebelum pencacahan disebut dengan bekerja. Sedangkan orang yang bekerja kurang dari 35 jam selama seminggu disebut …..
a.       Setengan penganggur kritis
b.      Pengangguran
c.       Setengah penganggur
d.      Bekerja penuh
Analisis Aitem : merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal yang ditanyakan mengenai pengetahuan tentang jenis-jenis pengangguran. Untuk bisa menjawabnya, siswa perlu menghafal apa saja jenis pengangguran dan mengingat pengertiannya masing-masing.  Dalam aitem ini,  pilihan jawaban merupakan jenis-jenis dari pengangguran dan   berfungsi sebagai pengecoh
45.  Sistes ekonomi ada bermacam-macam yaitu tradisional, liberal, komando, dan campuran. Sistem ekonomi liberal disebut juga dengan …
a.       Campuran                                                                    c.Terpusat
b.      Etatisme                                                                      d. Kapitalisme

Analisis Aitem : merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal yang ditanyakan mengenai pengetahuan tentang salah satu jenis sitem ekonomi yaitu sistem ekonomi liberal . Untuk bisa menjawabnya, siswa perlu menghafal dan mengingat istilah lain dari sistem ekonomi liberal .  Dalam aitem ini,  pilihan jawaban merupakan istilah-istilah lain dari jenis-jenis sitem ekonomi   tradisional, liberal, komando, dan campuran, dan  berfungsi sebagai pengecoh

46. Masing-masing sistem ekonomi memiliki ciri-ciri tertentu. Hak milik perseorangan atau swasta tidak diakui adalah ciri-ciri dari sistem ekonomi…
a.       Etatisme                                                                      c. Kapitalisme
b.      Komando                                                                               d. Campuran
Analisis Aitem :  merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman mahasiswa tentang Ciri-ciri dari salah satu sitem ekonomi. Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, mahasiswa membutuhkan pemahaman  mengenai pengertian dari masing-masing sistem ekonomi lalu menginterpresi dan dapat menyimpulkan apa ciri-ciri dari masing-masing sistem ekonomi. Pilihan jawaban yang ada merupakan sistem-sistem ekonomi dan salah 3 dari keempatnya merupakan distraktor

47.  Di Indonesia secara garis besar ada tiga sektor usaha formal dalam sistem ekonomi kerakyatan. Tiga pelaku ekonomi Indonesia sesuai pasal 33 UUD 1945 terdiri dari sektor…
a.       Negara, swasta, BUMN
b.      Negara, BUMN, koperasi
c.       BUMN, koperasi, swasta
d.      BUMN, BUMD, koperasi
Analisis Aitem : merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal yang ditanyakan mengenai pengetahuan tentang pelaku ekonomi Indonesia berdasarkan UUD 1945. Untuk bisa menjawabnya, siswa perlu menghafal dan mengingat isi pasal 33 UUD 1945 tentang siapa saja pelaku ekonomi Indonesia.  Dalam aitem ini,  pilihan jawaban merupakan para pelaku ekonomi, namun ada yang tidak tercantum pasal tersebut  berfungsi sebagai pengecoh
48. BUMS atau Badan Usaha Milik Swasta adalah badan usaha yang modalnya diperoleh dari swasta. Contoh dari BUMS adalah …
a.      PT Astra, PT RCTI
b.      PDAM, BPD
c.       PT GIA, PT Indosiar
d.      PT BNI, PT KAI
Analisis : merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi  siswa tentang  penerapan dari BUMS. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus memahami konsep BUMS. Sehingga mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.

49.  BUMN merupakan Badan Usaha Milik Negara yang modal keseluruhannya merupakan kekayaan negara. BUMN sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu perusahaan umum (perum) dan perusahaan perseroan (persero). Tujuan didirikannya perusahaan persero adalah …..
a.       Memberi kemanfaatan kepada umum
b.      Melayani kepentingan masyarakat
c.       Mencari keuntungan
d.      Untuk menciptakan kemakmuran rakyat
Analisis Aitem :  merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman siswa tentang Tujuan didirikannya perusahaan persero. Untuk dapat menjawab pertanyaan ini, siswa membutuhkan pemahaman  mengenai pengertian dari perusahaan persero sehingga dapat menginterpretasi tujuan dari perusahaan persero.Pilihan jawaban yang ada merupakan tujuan-tujuan dari pelaku-pelaku ekonomi di Indonesia.

50.  Sistem ekonomi terpusat merupakan salah satu sistem ekonomi dimana perencanaan kegiatan perekonomiannya dilakukan oleh pemerintah. Contoh negara yang menganut sistem ekonomi terpusat adalah …
a.        Cuba dan Belanda
b.      Rusia dan RRC
c.       Cuba dan RRC
d.      Rusia dan Cuba
Analisis : merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi  siswa tentang  penerapan ekonomi terpusat. Pilihan jawaban merupakan nama-nama negara yang bisa dimungkinkan untuk menganut sistem ekonomi terpusat, namun tidak semua menganutnya. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus memahami konsep dari sistem ekonomi terpusat, Sehingga mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.







0 komentar: