FORMAT RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN KLASIKAL
BIMBINGAN KLASIKAL
A
|
Komponen Layanan
|
Layanan
dasar/responsive
|
|
Bidang Layanan
|
Bidang
Pribadi-sosial/belajar/ karir
|
|
Topik Bimbingan
|
|
|
Fungsi Layanan
|
Dapat
dipilih dari uraian fungsi layanan
|
|
Tujuan Umum (kompetensi)
|
Tujuan
dapat disusun dengan beberapa cara :
1. Dirumuskan berdasarkan SKKPD yang sesuai dengan bidang bimbingan, atau. 2. Dirumuskan berdasarkan tujuan bidang layanan, atau 3. Dirumuskan berdasarkan bidang masalah |
|
Tujuan Khusus (tujuan
layanan) |
1.
Dirumuskan berdasarkan analisis kebutuhan.
2. Dirumuskan secara lebih khusus dan operasionalsesuai dengan aspek pengenalan (memperolehpengetahuan dan pemahaman tentang aspek dan tugas perkembangan (standar kompetensi) yangharus dikuasai), akomodasi (memperoleh pemaknaan dan internalisasi atas aspek dantugas perkembangan (standar kompetensi) yang harus dikuasai), tindakan (perilaku nyata dalam kehidupan sehari-hari dari aspek dan tugas perkembangan (standar kompetensi yang harus dikuasai). |
|
Sasaran layanan
|
Tingkat
kelas siswa/semester
|
|
Materi
|
Dipilih
sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
Bisa dalam bentuk uraian materi yang bisa dibaca siswa/ dijelaskan oleh guru/ atau yang tersirat dalam suatu teknik tertentu |
|
Waktu
|
Ditulis
sesuai dengan kebutuhan kegiatan
bimbingan (misalnya: 1 X 40 menit/2 X 45 menit/sesuai jumlah jam di kelas) |
|
Sumber
|
Sumber
bacaan yang menjadi materi bimbingan
(buku, internet, artikel, dsb) |
|
Teknik
|
Teknik
dipilih sesuai dengan tujuan yang akan
dicapai dengan mempertimbangkan kesesuaiannya |
|
Media/Alat
|
Pemilihan
…. yang akan melengkapi penyampaian
materi agar mudah diikuti oleh siswa |
|
Tanggal Pelaksanaan
|
Diisi
sesuai dengan tanggal pelaksanaan di suatu kelas tertentu
|
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
1. Tahap Awal/Pendahuluan
|
|
|
a. Pernyataan Tujuan
|
1.Guru
Kelas menyapa peserta didik dengan kalimat yang
membuat siswa bersemangat. 2.Pada tahap ini bisa juga diikuti dengan proses IceBreaking/games sederhana. 3.Guru Kelas menyampaikan tentang tujuan bimbingan yaitu sesuai dengan tujuan khusus yang akan dicapai meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor. |
|
b. Penjelasan tentang langkah
langkah kegiatan kelompok Pembentukan kelompok |
Guru
Kelas menjelaskan proses pelaksanaan kegiatan bimbingan. Apabila menggunakan teknik yang sudah dipilih maka, Guru Kelas perlu
menjelaskan langkah-langkah kegiatan, tugas dan tanggung
jawab peserta didik.
|
|
c. Mengarahkan kegiatan
(konsolidasi) |
Guru
Kelas memberikan penjelasan tentang topik yang akan dilakukan
|
|
d. Tahap Peralihan (Transisi)
|
a.
Guru Kelas
menanyakan kesiapan kelas dalam melaksanakan tugas b.Setelah semua peserta menyatakan siap, kemudian Guru Kelas memulai masuk ke tahap inti |
|
2. Tahap Inti
|
|
|
a. Kegiatan peserta didik
|
Langkah-langkah
kegiatan yang dialami peserta
didik dalam suatu kegiatan bimbingan misalnya curah pendapat berdasarkan pengalaman, pengamatan, bacaan yang berkaitan dengan topik yang dibahas) |
|
b. Kegiatan guru
/narasumber |
menyajikan
materi dengan menggunakan media yang sesuai dan teknik tertentu
|
|
3. Tahap Penutup
|
a.
Guru Kelas memberikan penguatan terhadap aspek-aspekyang ditemukan oleh siswa
dalam suatu kerja kelompok
b. merencanakan tindak lanjut, yaitu mengembangkan aspek kerjasama |
|
Evaluasi
|
|
|
1. Evaluasi Proses
|
Evaluasi
ini dilakukan oleh Guru Kelas dengan melihat proses yang
terjadi dalam kegiatan bimbingan klasikal, meliputi : 1. Guru Kelas mengadakan refleksi tentang kegiatan klasikal 2. Sikap peserta didik dalam mengikuti kegiatan : (contoh :semangat/ kurang semangat /tidak semangat) 3. Cara peserta didik menyampaikan pendapat atau bertanya : sesuai dengan topik/ kurang sesuai dengan topik/tidak sesuai dengan topik 4. Cara peserta didik memberikan penjelasan terhadap pertanyaan Guru Kelas: mudah dipahami/ tidak mudah/sulit dipahami |
|
2. Evaluasi Hasil
|
Evaluasi
setelah mengikut kegiatan klasikal, antara
lain: 1. Merasakan suasana pertemuan : menyenangkan/ kurang menyenangkan/tidak menyenangkan 2. Topik yang dibahas: sangat penting/kurang penting/tidak penting 3. Cara Guru Kelas menyampaikan: mudah dipahami/ tidak mudah/sulit dipahami 4. Kegiatan yang diikuti: menarik / kurang menarik/ tidak menarik untuk diikuti |
|
Tindak Lanjut
|
Uraikan
rencana tindak lanjut setelah pemberian
layanan |
.........................,
.......................
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru
BK,
................................. ............................................
ANGKET EVALUASI HASIL LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Saya memahami dengan baik tujuan yang
diharapkan dari materi bimbingan klasikal yang disampaikan |
|
|
|
|
2
|
Saya memperoleh banyak pengetahuan dan
informasi dari materi bimbingan klasikal yang disampaikan |
|
|
|
|
3
|
Saya menyadari pentingnya bersikap sesuai
dengan materi yang disampaikan. |
|
|
|
|
4
|
Saya meyakini diri saya akan lebih baik,
apabila
bersikap sesuai dengan kateri yang disampaikan. |
|
|
|
|
5
|
Saya dapat mengembangkan perilaku yang
lebih
positif setelah mendapatkan materi bimbingan klasikal yang disampaikan. |
|
|
|
|
6
|
Saya dapat merubah perilaku sehingga
kehidupan
saya menjadi lebih teratur dan bermakna |
|
|
|
|
Total Skor = …
|
|
|
|
Keterangan :
1. Skor minimal yang dicapai adalah skor 1 dikali jumlah butir (contoh; 1 x 6 = 6). Skor
maksimal yang dicapai adalah skor 4 dikali jumlah butir (contoh; 4 x 6 = 24). Dengan
demikian total skor yang mungkin dicapai dari contoh di atas bergerak antara 6 sampai
dengan 24
2. Rumus akhir untuk menentukan pencapaian peserta didik dari hasil evaluasi tersebut adalah;
Nilai Akhir = (Total Skor/Skor Maksimum) X 100 %.
3. Kategori hasil :
- Sangat baik (86 % s.d 100 %)
- Baik (71 % s.d. 85 %)
- Cukup (60 % s.d. 70 %)
- Kurang ( kurang dari 60 %)
4. Contoh; jika total skor yang diperoleh adalah 20, berarti 20 dibagi 24 dikali 100 % = 83 %.
Dengan demikian, pencapaian hasil evaluasi terhadap layanan bimbingan klasikal dapat
dikategorikan Baik, yaitu 83%.
FORMAT LAPORAN BIMBINGAN KLASIKAL
Topik
Kegiatan
|
diisi
topik kegiatan
|
Tujuan
Kegiatan
|
diisi
tujuan kegiatan
|
Kelas
/Semester
|
diisi
kelas / semester peserta didik/ konseli
|
Hari/Tanggal
|
diisi
hari/tanggal pelaksanaan
|
Durasi
pertemuanm
|
diisi
durasi waktu
|
Pemateri
|
diisi
nama nara sumber yang memberikan materi dalam layanan
kelas besar atau lintas kelas |
Hasil
dan Tindak Lanjut
|
diisi
hasil dan tindak lanjut layanan bimbingan kelas
besar/bimbingan lintas kelas |
.........................,
.......................
Mengetahui,
Kepala Madrasah, Guru
BK,
................................. ............................................
0 komentar:
Posting Komentar