Berikut adalah contoh soal mata pelajaran IPS kelas VIII
26. Hubungan sosial adalah hubungan timbal balik antara
individu yang satu dengan indivu lain. Istilah lain dari hubungan sosial
adalah…
a. Interaksi Sosial c.
Kontak sosial
b. Komunikasi d.
Proses sosial
Analisis Aitem : merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal
yang ditanyakan mengenai pengetahuan dasar yakni mengenai istilah
lain dari hubungan sosial. Untuk bisa menjawabnya, siswa perlu menghafal
istilah-istilah yang terkait dengan hubungan sosial. Pilihan jawaban merupakan
istilah yang dimungkinkan masih memiliki kemiripan dengan istilah hubungan sosial
yang berfungsi sebagai pengecoh.
27. Akomodasi adalah proses pemulihan hubungan baik
antara dua pihak atau lebih yang pada mulanya mengalami suatu sengketa. Bentuk
akomodasi dengan cara mengakui dan menghormati ragam pendapat disebut…
a. Toleransi c.
Kompromi
b. Koersi d.
Mediasi
Analisis Aitem :
merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal
yang ditanyakan mengenai pengetahuan tentang bentuk akomodasi. Untuk bisa
menjawabnya siswa perlu menghafal
macam-macam akomodasi dan pengertiannya.
Dalam aitem ini , pilihan jawaban merupakan jenis-jenis
akomodasi yang diantaranya berfungsi
sebagai pengecoh
28. Akomodasi dibagi dalam beberapa bentuk, antara lain :
pemaksaan, kompromi, mediasi, arbitasi, konsiliasi, peradilan, toleransi dan stalemate. Contoh berikut yang termasuk akomodasi yang
bersifat mediasi adalah…
a. Polisi yang sedang mengintrogasi
b. Hakim ketua memutuskan hukuman bagi pelaku pencurian
c.
Ketua RT memberi solusi pada warga yang bersengketa
d. Polisi Pamong Praja menertibkan PKL
Analisis : merupakan
pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi siswa tentang penerapan mediasi dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan jawaban
merupakan berbagai jenis aktifitas dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, namun belum tentu menerapkan konsep dari mediasi. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus memahami
konsep mediasi, Sehingga mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi
kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.
29. Faktor-faktor
terjadinya hubungan sosial dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor
eksternal. Salah satu faktor internal terjadinya hubungan sosial adalah…
a. Simpati c.
Motivasi
b. Ingin berkomunikasi d.
Imitasi
Analisis
Aitem : merupakan pertanyaan yang
mengukur pemahaman siswa tentang faktor eksternal
dan internal yang mempengaruhi hubungan sosial
Pilihan jawaban
terdiri dari 3 faktor eksternal dan 1 faktor internal hubungan sosial. Untuk
dapat menjawab pertanyaan ini, siswa membutuhkan pemahaman mengenai faktor internal dan atau ekstrenal
dari hubungan sosial itu seperti apa
sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan pada keempat pilihan jawaban yang telah
disediakan .
30. Hubungan sosial dapat terjadi dari bentuk kerja sama
(asosiatif) atau juga berbentuk saingan dan konflik (disosiatif). Salah satu
bentuk dari hubungan sosial yang bersifat disosiatif adalah …
a. Koalisi c.
Pemaksaan
b. Akomodasi d. Kontravensi
Analisis Aitem :
merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman siswa tentang bentuk hubungan sosial yang bersifat
diasiosiatif. Pilihan jawaban terdiri
dari 3 bentuk hubungan sosial yang bersifat asosiatif dan 1 yang bersifat
disasosiatif. Untuk
dapat menjawab pertanyaan ini, siswa membutuhkan pemahaman mengenai apa itu hubungan sosial asosiatif dan
disosiatif kemudian menginterpretasi dan menyimpulkan dari keempat pilihan
jawaban yang disediakan mana yang termasuk bentuk dari hubungan sosial yang
bersifat disasosiatif.
31. Terdapat dua faktor yang berpengaruh dalam hubungan
sosial, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Ketika kita mengetahui
teman kita bersedih maka kita ikut bersedih, adalah contoh dari faktor
eksternal hubungan sosial, yaitu …
a. Empati c.
Identitas
b. Sugesti d.
Simpati
Analisis :
merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi siswa tentang penerapan dari salah satu faktor
eksternal hubungan sosial dalam kehidupan
sehari-hari. Pilihan
jawaban merupakan berbagai jenis-jenis faktor
eksternal hubungan sosial yang salah satu diantaranya merupakan penerapannya
dadalah contoh yang disebutkan di dalam soal. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa tahu apa saja faktor eksternal hubungan
sosial dan memahami konsepnya masing-masing. Sehingga mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi
kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.
32. Salah satu
syarat terjadinya hubungan sosial adalah komunikasi. Komunikasi dapat
menghasilkan kerja sama apabila…
a.
Timbul saling memahami maksud dan tujuan
b. Tidak terjadi bentrok
c. Menimbulkan hubungan harmonis
d. Semua pihak sama-sama diuntungkan
Analisis :
merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi siswa tentang komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan jawaban merupakan sesuatu yang
bisa saja terjadi setelah adanya komunikasi diantara minimal dua orang. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus memahami
konsep komunikasi. Sehingga
mampu merefleksikan dan
memiliki gambaran tentang komunikasi yang menghasilkan kerja sama itu seperti
apa.
33. Gillin dan Gillin mengklasifikasikan pranata sosial
atara lain : menurut perkembangannya, menurut sistem yang diterima oleh
masyarakat, menurut penerimaan masyarakat, menurut faktor penyebarannya, dan
yang terahir adalah menurut fungsinya. Tipe pranata sosial yang berdasarkan
sistem nilai yang diterima oleh masyarakat terdiri atas…
a. General institutions dan restricted institutions
b. Cressive institutions dan enacted institutions
c. General institutions dan basic institutions
d.
Basic institutions dan subordinary institutions
Analisis Aitem :
merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman siswa tentang Tipe prananata sosial yang berdasarkan sistem
nilai yang diterima oleh masyarakat.Pilihan jawaban merupakan tipe pranata sosial
berdasarkan : menurut
perkembangannya, menurut sistem yang diterima oleh masyarakat, menurut
penerimaan masyarakat, menurut faktor penyebarannya, dan yang terahir adalah
menurut fungsinya yang kesemuanya digabung secara acak . Untuk
dapat menjawab pertanyaan ini, siswa membutuhkan pemahaman mengenai klasisfikasi pranata sosial menurut
Gillin and Gillin kemudian menginterpretasi dan menyimpulkan mana dari keempat
pilihan jawaban yang termasuk pranata sosial berdasarkan sistem nilai yang
diterima oleh masyarakat.
34. “Pranata sosial adalah kumpulan norma sosial
(struktut-struktur sosial) yang diciptakan untuk melaksanakan fungsi
masyarakat”. Pendapat tersebut dikemukakan oleh …..
a. Koentjaraningrat ` c.
Alvin L. Berrtrand
b. Paul B. Horton d.
Summer
Analisis Aitem : merupakan pertanyaan yang
mengukur pengetahuan
dikarenakan
hal yang ditanyakan mengenai siapakah tokoh yang mengemukakan pengertian dari
pranata sosial yang disebutkan diatas. Untuk bisa menjawabnya, siswa perlu
menghafal siapa saja tokoh yang mengemukakan pengertian dari pranata sosial dan
bagimana pendapat mereka. Dalam aitem ini, pilihan jawaban merupakan nama-nama
tokoh yang mengemukan pengertian dari pranata sosial yang berfungsi sebagai
pengecoh
35. Menurut
William Kornblum pendidikan sebagai pranata sangat penting untuk membentuk
kepribadian seseorang. Fungsi dari pranata pendidikan adalah …
a. Mengatur hubungan horisontal dengan manusia, hubungan
dengan lingkungannya
b. Menumbuhkan rasa percaya diri dalam mengarungi kehidupan
c.
Menciptakan manusia yang berilmu, berahlak mulia,
memiliki keterampilan
d. Berdiskusi untuk memecahkan soal mata pelajaran
Analisis Aitem :
merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman siswa tentang fungsi
pranata pendidikan. Untuk dapat
menjawab pertanyaan ini, siswa membutuhkan pemahaman mengenai pengertian dari pranata pendidikan
sehingga bisa menginterpretasi dan menyimpukan apa fungsi dari prana ini. Pilihan jawaban yang ada merupakan salah fungsi dari
pranata sosial yang lain
36. Di sekolah Andi terbiasa untuk membuang sampah di
tempat sampah. Apa yang dilakukan oleh
Andi tersebut merupakan contoh dari peran pranata sosial, yaitu …..
a.
Pranata pendidikan
b. Pranata Keluarga
c. Pranata agama dalam mengatur hubungan manusia dengan
sesamanya
d. Pranata agama dalam mengatur hubungan manusia dengan
nilai-nilai yang di anut
Analisis :
merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi siswa tentang peran pranata sosial dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan jawaban merupakan berbagai jenis pranata sosial, dimana salah satu
diantaranya merupakan peran dari contoh kehidupan sehari-hari yang disebutkan
dalam soal. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus memahami konsep pranata sosial serta macam-macamnya. Sehingga mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi
kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.
37. Keluarga merupakan kesatuan kelompok terkecil dalam
masyarakat. Dan salah satu fungsi keluarga adalah afeksi, yaitu berhubungan
dengan…
a. Perlindungan c.
Perasaan
b. Kasih sayang d.
Ekonomi
Analisis
Aitem
: merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal
yang ditanyakan mengenai pengetahuan tentang salah satu fungsi dari keluarga .
Untuk bisa menjawabnya, siswa perlu menghafal macam-macam fungsi keluarga dan
penjelasannya. Dalam aitem ini,
pilihan jawaban
merupakan fungsi dari keluarga, namun belum tentu berkaitan dengam afeksi.
38. Agar para siswa memahami tentang bahaya narkoba
sehingga mereka bisa menjauhi penggunakaan narkoba, maka perlu dilakukan
tindakan sosial yang bersifat …..
a. Preventif c.
Persuasif
b. Represif d.
Paksaan
Analisis :
merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi siswa tentang penerapan dari sifat-sifat
tindakan sosial. Pilihan
jawaban merupakan berbagai jenis sifat-sifat dari
tindakan sosial, dimana salah satu penerapannya merupakan contoh kejadian dalam
kehidupan sehari-sehari yang telah dijabarkan dalam soal. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus hafal dan memahami konsep dari sifat-sifat
tindakan sosial, Sehingga mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi
kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.
39. Menurut UU No.13 Tahun 2013 pemerintah mempunyai
kewenangan untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan yang dialami oleh negara
kita. Oleh karena itu, pemerintah melakukan upaya untuk mengatasi permasalahan
tenaga kerja. Berikut ini adalah peran
pemerintah dalam masalah tenaga kerja, kecuali…
a. Peningkatan mutu tenaga kerja
b. Meningkatkan mobilitas tenaga kerja
c.
Mengurangi kesempatan kerja
d. Melaksanakan program transmigrasi
Analisis Aitem :
merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman siswa tentang
peran pemerintah dalam masalah tenaga kerja. Untuk
dapat menjawab pertanyaan ini, siswa membutuhkan pemahaman mengenai masalah-masalah tenaga kerja sehingga
dapat menginterpretasi dan menyimpulkan peran pemerintah dalam menangani
masalah tenaga kerja .Pilihan jawaban yang ada
merupakan peran-peran yang bisa dimungkinkan dilakukan pemerintah untuk
mengatasi masalah tenaga kerja.
40. Penduduk laki-laki maupun perempuan yang
berusia produktif dan sedang bekerja
atapun mencari pekerjaan disebut …..
a. Labor Force c.
Pelamar kerja
b. Pencari kerja d.
Working
Analisis Aitem :
merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal
yang ditanyakan mengenai pengetahuan tentang pengertian dari salah satu istilah
dalam pilihan jawaban nomor ini. Untuk bisa menjawabnya, siswa perlu mengingat
kembali pengertian dari masing-masing dari keempat pilihan jawaban . Dalam aitem ini, pilihan jawaban merupakan istilah yang
masih bisa sangkut-pautkan dengan penjelasan yang ada dalam soal. Dan berfungsi sebagai pengecoh
41. Angkatan kerja, pencarian pekerjaan dan
tingkat pengangguran termasuk dalam kategori ketenagakerjaan. Berikut ini yang
tidak termasuk dalam golongan angkatan kerja adalah, kecuali …
a. Orang yang mengurus rumah tangga
b. Orang yang usianya
16 tahun sehat jasmani rohani
c. Anak yang masih sekolah
d. Orang cacat
Analisis :
merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi siswa tentang penerapan golongan
angkatan kerja. Pilihan
jawaban merupakan kategori orang-orang yang termasuk golongan angkatan kerja, namun ada satu yang tidak termasuk. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus memahami konsep angkatan kerja. Sehingga bisa memiliki gambaran tentang siapa
saja yang bisa dimasukkan dalam kategori angkatan kerja dan mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi kasus yang
menjadi perilaku sehari-hari.
42. Masalah pengangguran berawal dari tingkat
pertambahan penduduk yang pada ahirnya akan mempengaruhi jumlah penduduk,
angkatan kerja dan tenang kerja. Jenis pengangguran sendiri dibagi menjadi dua,
yaitu berdasarkan sebab terjadinya dan menurut aktifitas subjeknya. Para
petani, pada saat musim tanam mempunyai pekerjaan tetapi pada musim kemarau
menganggur. Merupakan contoh dari jenis pengangguran berdasarkan sebab
terjadinya, yaitu …
a. Struktural c.
Friksional
b. Konjungtur d. Musiman
Analisis :
merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi siswa tentang penerapan jenis
pengangguran dalam kehidupan sehari-hari. Pilihan jawaban
merupakan jenis-jenis pengangguran dimana salah satu diantara keempatnya
contohnya menjadi pertanyaan di nomor ini . Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus memahami konsep pengangguran
dan jenis-jenisnya. Sehingga mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi
kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.
43. Pengangguran tidak saja menjadi masalah
bagi pribadiyang bersangkutan, tetapi juga bagi masyarakat dan negara. Banyaknya pengangguran dalam suatu negara,
menyebabkan terjadinya hal-hal berikut, kecuali
….
a. Pertumbuhan ekonomi terhambat
b. Kemunduran mental
c.
Penghasilan pajak tetap stabil
d. Standart kehidupan menurun
Analisis Aitem :
merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman mahasiswa
tentang akibat adanya pengangguran disuatu negara. Untuk
dapat menjawab pertanyaan ini, mahasiswa membutuhkan pemahaman mengenai makna dari pengguran lalu
menginterpretasi sehingga bisa menyimpulkan dapak negatif negatif yang
ditimbulaknnya .Pilihan
jawaban yang ada merupakan hal-hal yang bisa dimungkinkan ditebak sebagai
akibat adanya pengangguran.
44.Orang yang bekerja untuk mendapatkan
penghasilan atau keuntungan minimal satu jam
dalam seminggu sebelum pencacahan disebut dengan bekerja. Sedangkan orang yang bekerja kurang dari 35 jam selama
seminggu disebut …..
a. Setengan penganggur kritis
b. Pengangguran
c.
Setengah penganggur
d. Bekerja penuh
Analisis Aitem :
merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal
yang ditanyakan mengenai pengetahuan tentang jenis-jenis pengangguran. Untuk
bisa menjawabnya, siswa perlu menghafal apa saja jenis pengangguran dan
mengingat pengertiannya masing-masing. Dalam aitem ini, pilihan jawaban merupakan jenis-jenis
dari pengangguran dan berfungsi sebagai
pengecoh
45.
Sistes ekonomi ada bermacam-macam yaitu tradisional, liberal, komando,
dan campuran. Sistem ekonomi liberal disebut juga dengan …
a. Campuran c.Terpusat
b. Etatisme d. Kapitalisme
Analisis
Aitem
: merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal
yang ditanyakan mengenai pengetahuan tentang salah satu jenis sitem ekonomi
yaitu sistem ekonomi liberal . Untuk bisa menjawabnya, siswa perlu menghafal
dan mengingat istilah lain dari sistem ekonomi liberal . Dalam aitem ini, pilihan jawaban merupakan
istilah-istilah lain dari jenis-jenis sitem ekonomi tradisional, liberal, komando, dan campuran, dan berfungsi sebagai pengecoh
46. Masing-masing sistem ekonomi memiliki
ciri-ciri tertentu. Hak milik perseorangan atau swasta tidak diakui adalah
ciri-ciri dari sistem ekonomi…
a. Etatisme c.
Kapitalisme
b. Komando d.
Campuran
Analisis Aitem :
merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman mahasiswa
tentang Ciri-ciri dari salah satu sitem ekonomi. Untuk
dapat menjawab pertanyaan ini, mahasiswa membutuhkan pemahaman mengenai pengertian dari masing-masing sistem ekonomi
lalu menginterpresi dan dapat menyimpulkan apa ciri-ciri dari masing-masing sistem
ekonomi. Pilihan jawaban yang ada merupakan sistem-sistem
ekonomi dan salah 3 dari keempatnya merupakan distraktor
47. Di
Indonesia secara garis besar ada tiga sektor usaha formal dalam sistem ekonomi
kerakyatan. Tiga pelaku ekonomi Indonesia sesuai pasal 33 UUD 1945 terdiri dari
sektor…
a. Negara, swasta, BUMN
b. Negara, BUMN, koperasi
c.
BUMN, koperasi, swasta
d. BUMN, BUMD, koperasi
Analisis Aitem :
merupakan pertanyaan yang mengukur pengetahuan dikarenakan hal
yang ditanyakan mengenai pengetahuan tentang pelaku ekonomi Indonesia
berdasarkan UUD 1945. Untuk bisa menjawabnya, siswa perlu menghafal dan
mengingat isi pasal 33 UUD 1945 tentang siapa saja pelaku ekonomi
Indonesia. Dalam aitem ini,
pilihan jawaban
merupakan para pelaku ekonomi, namun ada yang tidak tercantum pasal tersebut berfungsi sebagai pengecoh
48. BUMS atau Badan Usaha Milik Swasta adalah
badan usaha yang modalnya diperoleh dari swasta. Contoh dari BUMS adalah …
a.
PT Astra, PT RCTI
b. PDAM, BPD
c. PT GIA, PT Indosiar
d. PT BNI, PT KAI
Analisis
: merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi siswa tentang penerapan dari BUMS. Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus memahami
konsep BUMS. Sehingga
mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi kasus yang menjadi perilaku
sehari-hari.
49.
BUMN merupakan Badan Usaha Milik Negara yang modal keseluruhannya
merupakan kekayaan negara. BUMN sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu
perusahaan umum (perum) dan perusahaan perseroan (persero). Tujuan didirikannya
perusahaan persero adalah …..
a. Memberi kemanfaatan kepada umum
b. Melayani kepentingan masyarakat
c.
Mencari keuntungan
d. Untuk menciptakan kemakmuran rakyat
Analisis Aitem :
merupakan pertanyaan yang mengukur pemahaman siswa tentang
Tujuan didirikannya perusahaan persero. Untuk dapat
menjawab pertanyaan ini, siswa membutuhkan pemahaman mengenai pengertian dari perusahaan persero
sehingga dapat menginterpretasi tujuan dari perusahaan persero.Pilihan
jawaban yang ada merupakan tujuan-tujuan dari pelaku-pelaku ekonomi di
Indonesia.
50.
Sistem ekonomi terpusat merupakan salah satu sistem ekonomi dimana
perencanaan kegiatan perekonomiannya dilakukan oleh pemerintah. Contoh negara
yang menganut sistem ekonomi terpusat adalah …
a. Cuba dan Belanda
b.
Rusia dan RRC
c. Cuba dan RRC
d. Rusia dan Cuba
Analisis
: merupakan pertanyaan yang mengukur kemampuan aplikasi siswa tentang penerapan ekonomi terpusat. Pilihan
jawaban merupakan nama-nama negara yang bisa dimungkinkan untuk menganut sistem
ekonomi terpusat, namun tidak semua menganutnya.
Untuk menjawab pertanyaan ini, siswa harus memahami
konsep dari sistem
ekonomi terpusat, Sehingga mampu merefleksikan dalam menyelesaikan studi
kasus yang menjadi perilaku sehari-hari.
0 komentar:
Posting Komentar